Sistematika Rencana Hidup



Fase Utama :
  • Perencanaan
  • Analisa
  • Implementasi

Perencanaan dalam hidup setiap orang pasti mempunyai didalam rencana yang ingin dicapai. Perencanaan yang telah dibuat oleh setiap orang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan. perencanaan adalah pendefinisian untuk memilih langkah-langkah yang akan dilalui untuk mengatasi suatu masalah yang akan terjadi dimasa depan.

Langkah-langkah Perencanaan

  • Menetapkan Sasaran
Perencanaan yang dipilih harus diputskan terlebih dahulu sebelum apa yang ingin di rencanakan untuk suatu sasaran ynag diingnkan.
  • Menyusun Langkah perencanaan
Langkah terakhir dalam perencanaan adalah mengembangkan berbagai kemungkinan alternatif atau langkah yang diambil untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan,mengevaluasi alternatif alternatif ini, dan memilih mana yang dianggap paling baik, cocok dan terbaik dilakukan.
Analisa merupakan suatu sistem yang saling berkaitan atau saling tergantung antara satu sama lain dan dalam proses kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Sub-subsistem yang saling tergantung itu adalah tujuan dan nilai-nilai, teknikal (technical subsystem), manajerial (managerial subsystem), psikososial (psychosocial subsystem), dan subsistem struktur (structural subsystem).
  • Implementasi
Implementasi yag dilakukan merupakan sistem yang berjalan setelah terbentuknya suatu sistem Perencanaan yang telah ditetapkan dan Analisa yang telah di Tetapkan secara matang dan penuh dengan proses. Implementasi dapat berjalan baik, jika perencanaan dan Analisa benar-benar telah diputuskan secara benar. Implementasi yang baik adalah berjalan dengan apa yang telah di tetapkan didalam perencanaan & Analisa.

0 komentar:

Post a Comment