Mencari Hikmah Dalam Musibah


Apapun musibah yang menimpa tentu akan membuat anda sedih dan susah. Manusia ada yang bisa disadarkan atas kesalahannya dengan nasihat dan peringatan, tapi terkadang keduanya belum cukup, maka Allah kemudian menurunkan musibah untuk memperingatkannya.

Terkadang untuk berubah menjadi lebih baik manusia harus terlebih dahulu tertimpa musibah, seperti kecelakaan, kecurian, jatuh sakit dan lain sebagainya. Sering kali musibah-musibah semacam ini lebih mudah dipahami daripada nasihat yang disampaikan berulang kali.

Beginilah kehidupan dunia, selalu tampak tidak adil. Dari ketidaknyamanan yang anda terima, yang paling penting adalah bagaimana anda bereaksi. Tak ada gunanya anda melawan takdir karena anda pasti dikalahkannya.

Berlarut-larut dalam kesedihan akan merugikan diri sendiri. Di balik setiap musibah ada banyak hikmah yang harus anda pungut sebanyak mungkin, satu demi satu.


Bagaimana caranya..? Anda harus mencarinya, dan harus menemukannya sebanyak mungkin, jangan hanya sedikit, apalagi tidak mendapatkannya sama sekali.

Sehabis tertimpa musibah, anda juga harus segera bangkit dan berpikir positif, menyusun berbagai tindakan yang harus diambil untuk mengatasinya. Dalam proses ini anda akan mendapatkan berbagai karunia yang tak ternilai harganya.

Di antara manfaat musibah dan penderitaan adalah :

- Menjadikan anda lebih matang, kuat dan bijak.
- Memberi kemampuan untuk berbuat lebih baik.
- Menjadi dorongan untuk mengembangkan kemampuan anda yang lain yang mungkin tidak anda sadari keberadaannya.
- Menghapus dosa yang sulit dihapuskan dengan ibadah lainnya.
- Menghilangkan kesombongan, sekaligus menjadikan anda rendah hati.
- Menjadikan anda lebih berhati-hati.
- Menghargai hak anda yang telah hilang.
- Mengetahui teman-teman sejati.
- Melatih kesabaran.
- Membuat anda lebih dekat kepada Allah.
- Membuat anggota keluarga semakin rukun.
- Membantu anda berevolusi ke keadaan yang lebih baik.
- Membuat anda lebih paham dengan sifat dan kualitas masyarakat di lingkungan anda.

Sesungguhnya masih banyak lagi keuntungan yang lain. Namun, manfaat yang hakiki hanyalah dapat dirasakan oleh mereka yang tertimpa musibah.

0 komentar:

Post a Comment